Hal yang juga sangat penting bagi pemilik komputer dengan sistem operasi Windows adalah untuk tidak sembarangan mematikan komputer, karena sistem pada komputer memiliki cara untuk mematikan komputer dengan cara yang benar (properly shut down). Jika anda tidak mematikan komputer dengan cara yang benar, resiko kehilangan data penting dan kerusakan file menjadi lebih besar.

Kemungkinan yang paling parah, komputer tersebut tidak akan bekerja sempurna karena piringan harddisk rusak akibat munculnya bod sector. Gambaran umumnya, sama seperti disk VCD yang rusak (tergores) maka VCD tersebut tidak akan bisa diputar dengan vcd player.

Karena media dari CD dan harddisk sama, yaitu sama – sama menggunakan media piringan (cakram keras) untuk menyimpan file. Jadi, selalu gunakanlah perintah Shut Down tersebut.




Walupun terdengarnya sepele, kebiasaan ini tidak sebanding dengan kemungkinan hilangnya data penting anda akibat dari rusaknya harddisk anda. Belum lagi dana yang harus dikeluarkan jika sampai terjadi kerusakan fisik pada harddisk anda. Jangan pernah mengabaikan hal ini.

0 komentar