Yang paling mudah dilakukan untuk menjaga harddisk anda dari kerusakan adalah dengan sebisa mungkin tidak menginstal program atau game yang jarang digunakan. Karena Harddisk yang terlalu banyak terisi oleh program dan game, akan mebuat kerja pada harddisk menjadi lebih berat, yang berpengaruh terhadap usia dari harddisk itu sendiri. Hal ini juga berpengaruh terhadap kecepatan harddisk dalam pencarian file.

1.Biasakanlah paling tidak satu kali dalam satu bulan untuk melakukan pemeriksaan terhadap harddisk anda. Hapus aplikasi (uninstall) dan game yang tidak sering anda gunakan.

2.Pisahkan file penting anda dengan data lain dan file milik system operasi ditempat yang berbeda. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya anda akan terhidar dari penghapusan file – file penting secara tidak sengaja. Penulis juga menganjurkan untuk memisahkan file data dari file system, karena jika ada file system yang terhapus, computer anda tidak akan bekerja secara normal.

3.Biasakan diri untuk melakukan perawatan setiap minggu atau lebih,karena kehilangan data mempunyai dampak yang sama dengan sebuah system yang rusak. Lakukan disk Defragment dan scan disk secara rutin.

0 komentar